Kusuma, Jaka Wijaya (2013) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian di SMP Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang). Masters thesis, Universitas Indraprasta PGRI.

[thumbnail of Sinopsis Tesis Jaka Wijaya Kusuma.pdf] Text
Sinopsis Tesis Jaka Wijaya Kusuma.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (434kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa. Untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa (Penelitian di SMP Kecamatan Tirtayasa- Serang). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kepada empat kelompok sampel yang masing-masing kelompok berjumlah 13 siswa. Instrument yang dipergunakan berupa soal. Analisis data dengan statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan Anova dua arah.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 November 2012 sampai dengan 8 Januari 2013. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa diperoleh harga Fhitung = 11,94 lebih besar dari harga Fabel = 4,02 pada tingkat signifikansi a = 5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis data diperoleh yaitu terima Ho (tolak HA) jika Qhitung lebih kecil dari Qabel; dan tolak Ho (terima HA) jika Qhitung lebih besar dari Qtabel. Dari hasil perhitungan pada lampiran 20, untuk a= 0,05 diperoleh Qhitung 4,26 lebih besar dari pada Qabel = 4,15. Hasil ini menunjukkan kondisi penolakan Ho dan penerimaan HA pada pengujian hipotesis ini (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Hal ini diperoleh harga Fhitung 32,32 lebih besar dari harga Fabel sebesar 4,02 pada tingkat a = 5%. Hasil ini menunjukkan penolakan Ho dan menerima H₁, dengan demikian hipotesis ketiga teruji kebenarannya dan interaksi dapat diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Apr 2023 16:10
Last Modified: 16 Apr 2023 16:10
URI: https://repository.lib-binabangsa.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item