Hamidah, Hamidah (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[thumbnail of Sinopsis Tesis Hamidah.pdf] Text
Sinopsis Tesis Hamidah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (628kB)

Abstract

Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman dapat membantunya mengembangkan bagaimana untuk berfikir dan bagaimana untuk membuat keputusan. Sehingga, rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa dapat mempengaruhi kualitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah. Salah satu upaya mengatasinya adalah dengan menciptakan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa serta memotivasi siswa saat pembelajaran berlangsung, yaitu dengan model pembelajaran ARIAS. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Baleendah kelas VIII. Selanjutnya, penelitian ini juga ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model ARIAS memberikan pemahaman yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Kemudian, ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional siswa diketahui bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin baik kemampuan pemahamannya. Namun pembelajaran dengan model ARIAS tidak dapat membedakan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model ARIAS dapat diberikan pada siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi, sedang, ataupun rendah. Selanjutnya, dilihat dari aktivitas menunjukkan siswa sangat aktif pada saat pembelajaran dengan model ARIAS terlebih aktivitas diskusinya. Kemudian, dari respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan model ARIAS.

Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, pemahaman matematis, kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Apr 2023 15:51
Last Modified: 16 Apr 2023 15:51
URI: http://repository.lib-binabangsa.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item